Nama :
Harby Anwardi
NPM :
54414781
Kelas :
3IA20
TUGAS BAB 1
PENDAHULUAN
Konsep
game
Sebelum kita akan
membuat sebuah game , terlebih dahulu kita harus tentukan konsep dari game
tersebut akan berjalan. Tidak mungkin kita bias membuat game tanpa ada konsep
dari game tersebut. Konsep game merupakan landasan utama agar game tersebut
berjalan dengan baik dan dapat disukai oleh banyak orang sebagaimana fungsi
game pada umumnya.
Berikut hal hal hal
dibawah ini yang harus diperhatikan dalam pembuatan game :
1.Bahasa Pemrograman
Semua programmer akan
selalu mempertimbangankan bahasa pemrograman apa yang akan digunakan untuk
membuat sebuah game . programmer harus jeli dalam memilih bahasa pemrograman .
bahasa pemrograman diharapkan mampu mengeksekusi perintah perintah secepat
mungkin .
2. Jalan cerita
Setelah melakukan pada
step pertama, jalan cerita menentukan awal dan akhir dari game itu sendiri.
Tanpa jalan cerita yang jelas, pemain akan bingung mengikuti alur game tersebut
sehingga membuat mereka menutup browser mereka dan mematikan komputernya.
Tetapi dalam suatu genre game, jalan cerita tidak dibutuhkan seperti Arcade,
Simulation, dll. Namun, misalnya, untuk RPG,
sudah jelas membutuhkan alur cerita. Jalan cerita juga hendaknya unik dan
berbeda dengan jalan cerita dari game-game yang sudah ada, sehingga tidak
menimbulkan kebosanan kepada pengguna. Supaya menambah rasa semangat kepada
pengguna untuk ingin menamatkan game maka buatlah jalan cerita yang membuat si
pengguna tidak menduga akan jalan ceritanya, serta membuat rasa penasaran yang
tinggi.
3. Grafik
Tentukan style anda
dalam membuat game, apakah dengan detail yang tinggi, atau sederhana. Sebaiknya
dalam menentukan style grafis, disesuaikan dengan konsep. Contohnya, agan akan
membuat game untuk anak-anak. Maka buatlah gambar yang tidak terlalu banyak detail
dan dengan warna terang dan buatlah karakter yang lucu dan imut agar anak-anak
tertarik memainkannya.
Video game terbagi dua
menurut dimensinya, yaitu:
-2D (two dimension)
Game dua dimensi dapat diketahui berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi ( X dan Y). Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan Vector maupun Bitmap. Untuk membuat animasi bergerak (berjalan,melompat,berlari,dll) kita harus membuat gambar satu persatu yang disebut dengan(frame).
Game dua dimensi dapat diketahui berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi ( X dan Y). Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan Vector maupun Bitmap. Untuk membuat animasi bergerak (berjalan,melompat,berlari,dll) kita harus membuat gambar satu persatu yang disebut dengan(frame).
Kerealisasian gerakan ditentukan dari gambar yang dibuat, jumlah gambar(frame) yang digunakan, serta hitungan gambar per detik (frame per second ( semakin tinggi hitungan gambar per detik maka semakin mulus gerakan yang akan dihasilkan)). Bagi pemula sebaiknya mencoba untuk membuat game bertipe 2D terlebih dahulu.
-3D (three dimension)
Sama dengan dua dimensi , game bertipe ini dapat diketahui berdasarkan ruangnya , hanya saja dalam 2D hanya ada 2 sisi (X,Y), dalam game 3D anda akan menemui tiga sisi (X,Y,Z).
Sama dengan dua dimensi , game bertipe ini dapat diketahui berdasarkan ruangnya , hanya saja dalam 2D hanya ada 2 sisi (X,Y), dalam game 3D anda akan menemui tiga sisi (X,Y,Z).
4. Alur Game
Apabila pada step kedua
dijelaskan tentang jalan cerita, di step ini dijelaskan tentang alur game.
Dalam suatu genre, buatlah alur game yang cocok dengan genre tersebut.
Contohnya : Game RPG membutuhkan karakter yang heroik dan pendamping karakter
utama. Ditengah perjalanan, mereka diharuskan melawan "bos" untuk
melanjutkan permainan. Di akhir game, mereka akan melawan "bos
terakhir" untuk mengakhiri permainan. "Bos terakhir" ini
haruslah kuat, karena disetiap perjalanan karakter pasti akan menerima
"Level Up". Sehingga pertarungan "Bos terakhir" dan
karakter akan seimbang. Kalau perlu, buatlah ending yang unik.
Contoh lainnya, pada game arcade. Arcade tidak perlu alur game yang rumit seperti RPG. Alur game arcade umumnya berbentuk level. Semakin banyak level yang ada, semakin penasaran pemain untuk menyelesaikan game. Namun kembangkan fitur dalam game. Agar pemain tidak bosan dipertengahan game.
Contoh lainnya, pada game arcade. Arcade tidak perlu alur game yang rumit seperti RPG. Alur game arcade umumnya berbentuk level. Semakin banyak level yang ada, semakin penasaran pemain untuk menyelesaikan game. Namun kembangkan fitur dalam game. Agar pemain tidak bosan dipertengahan game.
5. Kumpulkan bahan
Anda membutuhkan
bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat game. Contohnya, untuk game yang
lebih kompleks, agan membutuhkan efek suara. Anda bisa mendownload efek suara
tersebut di web yang memberikan efek suara secara gratis.
Kemudian setelah bahan
"soft"nya terkumpul sekarang kita juga perlu dari bahan
"hard" nya yaitu personil(orang) dalam pembuatan game.
Pengertian
Video Game
Video game ( Permainan
video ) adalah permainan yang menggunakan piranti antarmuka sebagai alat untuk
berinteraksi didalam permainan tersebut melalui gambar yang dihasilkan dari
piranti video. Pada dasarnya game bertujuan untuk menghibur dan menghilangkan
rasa jenuh , namun seiring perkembangan zaman, banyak video game yang dibuat
untuk perkembangan otak , meningkatkan konsentrasi, dan melatih untuk
memecahkan suatu masalah dengan tepat dan cepat. Selain banyak manfaat yang
dihasilkan dari game , ada juga kerugian yang didapat ketika kita bermain video
game, salah satunya kita jadi lupa waktu , lalai dan kecanduan. Tidak sedikit
orang yang lupa waktu ketika bermain sebuah video game , bahkan ada yang
kecanduan . bahanya lagi orang tersebut menghalalkan segala cara agar bisa
bermain video game tersebut. Maka dari itu kita sebagai pengguna video game ,
harus menggunakan sebuah video game dengan bijak agar tidak terjadi kerugian
pada diri kita .
Jenis
jenis game
Selama
ini kita hanya bisa memainkan macam-macam jenis game tanpa tahu genre game yang
kita mainkan, nah di sini cintagame.com akan
memberikan sedikit pengetahuan tentang pengelompokan game berikut jenis atau
genre game yang selama ini kita nikmati :
Berdasarkan
jenis platform atau alat yang digunakan :
1.Arcade games, yaitu sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di
daerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design
untuk jenis video games, kebanyakan para gamers merasa “masuk” dan “menikmati”
sebuah arti permainan itu sendiri, didukung dengan perangkat, seperti pistol,
kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta
transmisinya tentunya).
2.PC Games , yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers..
3.Console games, yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu,
seperti Playstation 2, Playstation 3, dan Nintendo Wii..
4. Handheld games, yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat
dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP..
5.Mobile games, yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau
PDA.
Berdasarkan
genre atau jenis permainanya yaitu :
1.
Shooter
Shooter
Adalah Jenis game yang di mainkan menggunakan sebuah senjata, biasanya pistol,
senapan, atau senjata jarak jauh lainnya”. Biasanya tujuan dari permainan ini
adalah menembak lawan dan memenangkan misi tanpa harus gugur di medan perang.
Shooter di bagi 3 yaitu :
a. First Person Shooter (FPS)
Adalah Jenis game yang
menggunakan sudut pandang orang pertama yang biasanya kita mainkan tanpa bisa
melihat karakter yang kita mainkan, ini maksudkan untuk memberikan para gamers
bisa memiliki perasaan “berada di sana”, dan memungkinkan pemain untuk fokus
pada bidikan, sehingga kita hanya bisa melihat tangannya saja dan tidak melihat
tubuh karakter yang dimainkan. Contoh : Syndicate dan Battlefield4.
b. Third Person Shooter (TPS)
adalah game yg mirip dengan FPS
yaitu game jenis ini juga game tembak menembak hanya saja sudut pandang yg
digunakan dalam game ini adalah orang ketiga dan tubuh karakter bisa di lihat
keseluruhannya. Contoh : Spec Ops The Line dan Lost Planet 3.
c. Massively Multiplayer Online
First Person Shooter (MMOFPS)
adalah permainan yang di
mainkan secara online yang menggabungkan pemain FPS pada sebuah dunia virtual
dimana para pemain dapat berinteraksi satu dengan lainnya. Contoh dari MMOFPS
ini adalah Point Blank dan Cross Fire.
2.
Strategy
Strategy
adalah Jenis game yang mengharuskan pemainnya menggunakan taktik dan strategi
untuk jeli dalam melihat setiap peluang, kelemahan musuh dan bijaksana dalam
menggunakan sumber daya yang ada untuk mengatur suatu unit atau pasukan untuk
menyerang markas musuh dalam rangka memenangkan permainan. biasanya di dalam
game Strategy, kita dituntut untuk mencari uang, emas, poin atau semua yang
berfungsi untuk untuk membiayai pasukan kita. Games Strategy dibagi 2 :
a. Real Time Strategy (RTS)
Pada game jenis ini, kita dapat
mengendalikan pasukan secara langsung, dari mencari sumber daya, hingga
menghancurkan musuh. Semua pertempuran ini dapat kita saksikan secara langsung.
b. Turn Based Strategy (TBS)
Game Jenis ini adalah game yang
di jalankan secara bergiliran, saat kita mengambil keputusan dan menggerakan
pasukan, saat itu pihak lawan harus menunggu, begitu pula sebaliknya, layaknya
catur.
3.
Racing
Racing
adalah game yang di mainkan dengan mengendalikan sebuah kendaraan untuk
memenangkan sebuah balapan atau garis finish dari suatu race, dalam game ini
biasanya pemain dapat memilih & membeli kendaraan, mendandani, mengupgrade
mesin dll. Contoh: Need For Speed dan MotoGp13.
4.
Arcade
Arcade
game adalah Jenis game yang tidak terfokus pada cerita, melainkan hanya
dimainkan “just for fun” atau untuk kejar-mengejar point/highscore. Contoh :
Pac-man World3
5.
Fighting
Fighting
Adalah Jenis game yang intinya harus menjatuhkan, mengalahakan bahkan membunuh
lawan tandingnya, entah itu dengan pukulan, tendangan, combo, maupun dengan
jurus special. Contoh: Tekken & Mortal Kombat
6.
Sports
Sports
Adalah jenis game bertema olahraga. Sistem, aturan dan cara permainan akan
berbeda-beda tergantung jenis olahraga yang menjadi tema game tersebut. Contoh
: Pes14 dan fifa14.
7.
Vehicle Simulation
Jenis
permainan ini mensimulasi pengoperasian beberapa kendaraan, kendaraan bisa
berupa pesawat terbang, pesawat tempur, kereta, kendaraan perang, maupun
kendaraan konstruksi. Contoh : Train Simulator, Truck Simulator, FlightGear,
Tram, Orbiter.
8.
Adventure
Adventure
Adalah Jenis game yang umumnya membuat pemain harus berjalan mengelilingi suatu
tempat yang telah di desain sedemikian rupa, seperti sebuah istana, gua yang
berkelok, dan planet yang jauh. Pemain melakukan navigasi suatu area, mencari
pesan-pesan rahasia, memperoleh obyek yang memiliki kemampuan yang bervariasi,
bertempur dengan musuh, dan lain-lain. Untuk membuat game ini, diperlukan
perencanaan yang akurat sehingga memiliki alur cerita yang menarik bagi pemain.
Contoh: Tomb Raider
9.
Simulation
Simulation
Adalah jenis game yang memberikan pengalaman atau interaksi semirip mungkin dengan
kendaraan yang aslinya, muskipun terkadang kendaraan tersebut masih eksperimen
atau bahkan fiktif, tapi ada penekanan khusus pada detil dan pengalaman
realistik menggunakan kendaraan tersebut. Contoh: Gran Turismo dan Flight
Simulator.
10.
Tycoon
Tycoon
adalah game yg menjadikan kita sebagai seorang bussinesman yang akan
mengembangkan sesuatu Property untuk dikembangkan hingga laku di pasaran.
Contoh : Rooler Coaster dan Ride Carnival
11.
Musical
Musical
Adalah Jenis game yang menuntut pemainnya untuk menekan tombol sesuai dengan
tombol yang ada di layar dengan diiringi dengan musik. Contoh: Guitar Hero
& Dance Dance Revolution.
12.
Platform
Platform
Adalah Jenis game yang mengharuskan pemain mengarahkan suatu obyek dengan
melalui berbagai tahap atau tingkatan area untuk menyerang musuh dan menghindar
terhadap serangan. Jenis game ini sedikit serupa dengan action game, tetapi
aksinya tidak secepat action game. Teknik collision detection sangat sering
dimanfaatkan pada Jenis game ini. Contoh: Sonic The Hedgehog & Mario Bros.
13.
Role Playing Game (RPG)
Role
Playing Game Adalah Jenis game yang seringkali berupa multi-player game di mana
setiap pemain memiliki karakter dengan kemampuan, kekuatan, dan kelemahan yang
spesifik. Para pemain saling berkompetisi, berinteraksi, dan bertempur satu
sama lain. Tampilan grafis yang khas untuk setiap karakter pemain ditambah
dengan storyline yang mendebarkan akan sangat menarik dan memberikan pengalaman
yang berbeda di dalam bermain. Contoh: Final Fantasy.
14.
Action
Action
Adalah Jenis game dengan fitur utama berupa banyaknya aksi di mana pemain harus
memiliki keterampilan reaksi yang cepat untuk menghindari musuh atau
menghindari rintangan. Contoh: Metal Gear Solid dan Ace Combat Assault Horizon.
15.
Puzzle
Puzzle
adalah game yang berintikan teknik pemecahan teka-teki, baik itu menyusun
balok, menyamakan warna bola, memecahkan perhitungan matematika, melewati
labirin, sampai mendorong-dorong kota masuk ke tempat yang seharusnya, itu
semua termasuk dalam jenis ini. Sering pula permainan jenis ini adalah juga
unsur permainan dalam video game petualangan maupun game edukasi. Contoh :
Tetris, Minesweeper, Bejeweled, Sokoban dan Bomberman.
16.
Historic
Historic
gane jenis ini adalah game yang di buat berdasarkan cerita-cerita sejarah pada
zaman dahulu. Contoh: Total War Romeo II
17.
Real Life
Real
Life adalah game yang di buat seperti kehidupan manusia sehari-hari. Contoh:
Harvest Moon dan Farm Frenzzy 3.
18.
Sandbox Game
Sandbox
Adalah tipe game yang umumnya ditujukan untuk menjelajahi suatu kota atau
tempat dimana karakter yang kita pakai bebas berinteraksi dengan objek
disekitarnya. Mungkin game ini bisa di bilang mirip RPG tapi Sandbox sangat
berbeda dengan RPG game, perbedaannya adalah tidak adanya peningkatan level
karakternya. Contoh: GTA & Bully
TEKNOLOGI GAME
Bisnis dalam Game
Komputer
Saat ini perkembangan games di komputer sangat cepat. Para
pengelola industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata
dan menarik untuk para pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan games di
komputer sangat cepat. Sehingga games bukan hanya sekedar permainan untuk
mengisi waktu luang atau sekedar hobi. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan
kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya.
Bisnis dalam game
komputer berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi canggih saat
ini. Dahulu kita hanya dapat menikmati game yang tersedia di dalam komputer itu
sendiri, seperti pinball dan solitaire. Namun sekarang sudah tersedia game
online, dan juga games yang dapat didownload baik free maupun berbayar. Games
berbayar juga merupakan bisnis karena sama saja dengan kita mengeluarkan uang
untuk membeli sebuah barang. Games berbayar ini biasanya memberikan kepuasan
tersendiri bagi pembelinya, karena terdapat fitur yang bagus di dalamnya.
Perkembangan lainnya ialah warung internet atau yang sering kita dengar dengan
istilah warnet. Warnet kini identik dengan game online yang mereka sediakan,
adapun game berbayar yang disediakan warnet sehingga kita hanya tinggal
memainkannya. Baik anak kecil hingga orang dewasa mempunyai hobi bermain game
online ini. Dengan menyediakan tempat, perangkat komputer yang lengkap, dan
fasilitas pendukung lainnya, membuat gamers betah berlama-lama untuk bermain.
Contoh untuk bisnis
dalam game komputer itu beragam. Seperti kita dituntut melakukan pembayaran
untuk game tersebut. Maksud dari pembayaran ini adalah bagaimana perusahaan
game online mendapatkan uang dari gamesnya. Bedasarkan kategori ini games
online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
A. Pay Per Item, game
yang berada pada category ini merupakan game yang bisa diinstall atau dimainkan
secara gratis, dan game ini biasanya mengenakan biaya pada pemainnya apabila
pemainnya ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item) langka yang
tidak pernah dijumpai pada permainan. Jenis game seperti ini yang paling
dijumpai di Indonesia. Contoh: Gunbound, Ragnarok, Ghost Online,dll.
B. Pay per Play, game
ini harus dibeli dan diinstal secara legal karena pada saat diinstal game
terebut akan mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila yang diinstal
adalah program bajakan maka secara otomatis system akan memblokirnya. Contoh:
War of Warcraft,dll.
3D ENGINE
Engine bukanlah executable program, artinya engine tidak bisa
dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri. Diperlukan sebuah program
utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program. Pada C++, entry
point-nya adalah fungsi ‘main().’ Biasanya program utama ini relatif pendek,
jadi game engine adalah program yang ‘memotori’ jalannya suatu program game.
Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan
video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS
X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin
render (“renderer”) untuk 2D atau 3D.
SCENE GRAPH
Scene graph adalah suatu teknik pengolahan data atau struktur
data yang biasanya dipakai pada suatu aplikasi rekayasa grafis berbasis vector
dan pemodelan tiga dimensi baik itu untuk keperluan video game ataupun lainnya.
Beberapa program scane graph ini sebagai berikut :
Game Maker
Merupakan aplikasi game editor yang berisifat gratis, software
ini bisa digabungkan dengan bahasa pemograman C++. Game maker memungkinkan
untuk membuat permainan dengan drag and drop sehingga terlihat sederhana dan
simple.
2. Ogre 3D
Salah satu konsep yang paling banyak digunakan dalam pemograman
grafis. Setiap node dari grafis adegan memiliki daftar anak – anak serta
transformasi dalam ruang 3D. Transformasi ini terdiri dari tiga aspek yaitu,
posisi, rotasi, dan skala.
3.
Unity
Merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game
multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Editor pada unity dibuat
user interface yang sederhana. Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat
video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur.
4.
Processing
Bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open
source yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi.
Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam
konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat
produksi profesional. Processing merupakan suatu projek yang dinisiasi oleh Ben
fry dan casey reas. Berkembang dari ide-ide yang dieksplorasi di Aesthetics and
Computation Group (ACG) di Mit Media Lab. Projek ini kini terus diperbaiki dan
dikelola oleh sejumlah Tim Voluntir.
SUMBER :
0 komentar:
Posting Komentar