AI atau yang lebih kita kenal dengan kecerdasan buatan
adalah salah satu bagian ilmu computer yang membuat agar mesin atau computer dapat
melakukan pekerjaan seolah olah seperti manusia.
Manusia bisa melakukan sseuatu dan dapat memecahkan
masalah karena adanya ilmu dan pengetahuan. Pengetahuan diperoleh dari cara
mempelajarinya. Semakin banyak bekal pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang
tentu saja diharapkan akan lebih mampu dalam menyelesaikan permasalahan. Namun
bekal pengetahuan saja tidak cukup, manusia juga diberi akal untuk melakukan
penalaran, mengambil kesimpulan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang
mereka miliki. Tanpa memiliki kemampuan untuk menalar dengan baik, manusia
dengan segudang pengalaman dan pengetahuan tidak akan dapat menyelesaikan
masalah dengan baik. Demikian juga dengan kemampuan menalar yang sangat baik,
namun tanpa dibekali pengetahuan dan pengalaman yang memadai, manusia juga
tidak akan bisa menyelesaikan masalah dengan baik (Sri Kusumadewi, 2003).
Dengan adanya AI , diharapkan mesin atau computer dapat
berpikir dan melakukan penalaran seolah olah seperti manusia dalam menghadapi
suatu masalah.
Sejarah Artificial Intelligence Dunia
Sebelum memulai
pembahasan mendalam tentang Kecerdasan Buatan ini , mari kita kenali dulu
sejarahnya . AI sebenarnya muncul dan mulai diyakini keberadaannya pertama kali
pada kisah mitologi Yunani dan peradaban Mesir Kuno .
Namun sistem kecerdasan
buatan ini mulai efektif di era 1950 an , dengan dimulainya pengembangan
komputer elektronik pada tahun 1941 dan pengembangan stored program pada tahun
1949 maka muncul dorongan untuk mempelajari AI lebih jauh .
Pada tahun 1951 , untuk
pertama kalinya terciptalah sebuah sistem kecerdasan buatan yang benar-benar
bekerja , dengan menggunakan komputer Ferranti Mark 1 , Christopher Strachey
dan Dietrich Prinz berhasil membuat sebuah permainan catur melawan
komputer .
Jika kalian bertanya ,
siapakah pencetus Artificial Intelligence , maka jawabannya adalah John
McCarthy yang disebut sebagai bapak artificial intelligence dunia karena pada
tahun 1956 untuk pertama kalinya kata ” artificial intelligence ” dikenalkan
pada Dartmouth Conference .
Implementasi Artificial Intelligence
Visualisasi komputer
Kecerdasan buatan pada bidang visualisasi komputer ini
memungkinkan sebuah sistem komputer mengenali gambar sebagai input.
Contohnya mengenali sebuah pola pada suatu gambar.
Pengenalan Suara
Kecerdasan buatan pada pengenalan suara ini dapat
mengenali suara manusia. Cara mengenali suara ini dengan mencocokannya pada
acuan yang telah diprogramkan terlebih dahulu. Contohnya perintah komputer
dengan menggunakan suara user.
Sistem Pakar
Kecerdasan buatan pada Sistem Pakar ini memungkinkan
sebuah sistem komputer memiliki cara berpikir dan penalaran seorang ahli dalam
mengambil keputusan, untuk memecahkan masalah yang ada pada saat itu. Contohnya
program komputer yang dapat mendiagnosa penyakit dengan memasukan gejala-gejala
yang dialami pasien.
Permainan
Kecerdasan buatan pada permainan ini memungkinkan sebuah
sistem komputer untuk memiliki cara berpikir manusia dalam bermain. Contohnya
permainan yang memiliki fasilitas orang melawan komputer. Komputer sudah di
program sedemikian rupa agar memiliki cara bermain seperti seorang manusia
bahkan bisa melebihi seorang manusia.
Dibawah ini adalah contoh game yang menggunakan konsep AI
:
Game Pacman
Contoh game sederhana lainnya adalah game Tic Tac Toe merupakan game yang bertujuan untuk melatih otak dan untuk hiburan semata. Game TicTacToe lebih dikenal di Indonesia sebagai Game Catur Jawa karena prinsip permainan game Tic Tac Toe sama dengan Game Catur Jawa. Cara memainkan game tersebut dengan memberikan Nilai X atau O pada tiap pemain. Pada game TicTacToe terdiri dari 9 kolom yang berfungsi untuk meletakan nilai tersebut. Yang mana untuk memenangkan game tersebut pemain harus dapat membentuk nilai X atau O berbentuk vertikal, horizontal atau diagonal pada kolom tersebut. Letak AI dalam game ini adalah kesulitan yang diberikan kepada pemain pertama, yaitu kita, dalam arti useruntuk memenangkan game ini oleh komputer yang berperan sebagai pemain kedua, dimana pemain kedua ini diciptakan sebagai AI.
Game Tic Tac Toe
Dengan adanya AI pada game maka kita dapat bermain game tersebut walaupun kita sedang tidak bermain dengan teman-teman kita. Sebagai contoh kita dapat bermain Counter Strike dimana yang menjadi musuh kita merupakan Bot (komputer) yang memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Dia dapat menemukan pemain lalu menyerangnya. Dengan semakin cerdasnya musuh (komputer) maka pembuatan AI mungkin akan semakin sulit. Selain itu game-game lain seperti The Sims, dimana pemain (user) dapat berinteraksi dengan objek lain yang disediakan dalam permainan tersebut.
Sumber :
http://informatika.web.id/category/kecerdasan-buatan/
images.google.com




0 komentar:
Posting Komentar