Minggu, 07 Mei 2017

User Interface pada Game

Terdapat sebuah teori mengenai desain user interface game oleh Erik Fagerholt dan Magnus Lorentzon dari Chalmers University of Technology berjudul: Beyond the HUD - User Interfaces for Increased Player Immersion in FPS Games. Mereka memperkenalkan istilah untuk berbagai jenis interface tau elemen tergantung pada bagaimana terkait dengan narasi dan geometri permainan mereka, di antara lain :

1. DIEGETIC
 Desain antarmuka yang termasuk dalam permainan game  yaitu yang dapat dilihat dan didengar oleh karakter dalam permainan. Yang dimaksudkan pada antarmuka diagetic ini segala sesuatu yang terlihat terkecuali elemen-elemen non-diegetic seperti HUD, Kursor mouse, Informasi dari Komputer,dll  Contoh: Interface  dalam game Dead Space.(Full diagetic).
 Elemen user interface yang diegetik ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual, audible atau haptic. Elemen UI diegetik yang dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan pengalaman narasi untuk pemain, memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan terintegrasi. Salah satu game yang mengimplementasikan elemen diegetic adalah Assassin’s Creed.
Assassin’s Creed berhasil menggunakan banyak pola diegetic meskipun itu diatur dalam dunia sejarah karena pemain pemain menggunakan sistem virtual reality di masa depan. Jadi cerita sebenarnya futuristik daripada sejarah.





2. NON DIEGETIC
 Lalu ada elemen diegetic non-tradisional, elemen-elemen ini memiliki kebebasan untuk benar-benar dihapus dari fiksi permainan dan geometri dan dapat mengadopsi pemakaian visual mereka sendiri, meskipun sering dipengaruhi oleh arah seni permainan. Saya pikir ini unsur paling baik digunakan ketika bentuk diegetik, meta dan spasial memberikan batasan yang melanggar seamlessness atau konsistensi dari elemen UI.
World of Warcraft sebagian besar menggunakan non-diegetic UI, satu pengecualian adalah nama pemain yang spatial. Hal ini memungkinkan pengguna untuk sepenuhnya menyesuaikan, mudah-mudahan memastikan pengalaman yang familiar.




3. SPATIAL
 Elemen spatial adalah komponen yang divisualisasikan dalam dunia permainan tetapi bukan bagian dari dunia permainan. Karakter permainan juga menyadari komponen spasial. Misalnya, adanya aura (cakra) di sekitar karakter di game realtime strategi (RTS) . Spatial digunakan untuk memberikan informasi tambahan kepada pemain tanpa disadari, walaupun informasi yang bukan merupakan bagian dari alur cerita. Informasi ini disediakan di lokasi di mana pemain difokuskan, dan mengurangi kekacauan dilayar.
Contohnya adalah cakra / aura pada game Warcraft III, ini mengindikasikan efek permaian yang saat inimenunjukan di tempat dan kisaran di mana karakter berada atau akan melakukan efek khusus.





Adanya cakra tersebut membantu pemain untuk mengetahui dimana letak karakter, dibanding tanpa menggunakan cakra/aura sehingga pemain harus memilah satu persatu karakter untuk mengetahui karakter yang sesungguhnya.
Contoh lain adalah ikon yang muncul di atas kepala karakter dalam game The Sims.






4. META
Elemen UI tidak selamanya sesuai dalam geometri dari dunia permainan. Mereka masih dapat mempertahankan narasi permainan tapi duduk di hub plane 2D – ini disebut elemen Meta. Elemen meta UI bisa sulit untuk dipakai dalam permainan tanpa unsur narasi yang kuat, seperti olahraga atau permainan balap. Dalam Need for Speed : Hot Pursuit masih dapat terasa bahwa speedometer di HUD 2D adalah meta karena karakter pemain – sopir, akan tahu berapa kecepatan mobil melaju dan untuk itu membentuk bagian dari narasi tersebut. Elemen HUD lainnya seperti posisi track dapat lebih sulit untuk dipakai.


Need for Speed​​: Hot Pursuit menggunakan elemen HUD seperti speedometer 
untuk menyampaikan informasi tentang mobil kepada pemain


Blood splashing di layar dengan 2D HUD plane untuk memberi tahu player 

bahwa karakter sudah kalah dan mati

.


User Interface dan Game Controls pada Game Dragonica
Home Interface



1. Character Control: Control movement of your characters.
2. Inventory: Equipments, pets, costumes acquired will be stored in your inventory.
3. Forge: Used for upgrading equipment, decomposing & enchantment.
4. Skills: Active/Passive skill list, character combos.
5. Tasks: Daily/Weekly & on-going tasks progress can be viewed here.
6. Community: Friend List, Friend Ranking, Send friend request and invite your friends.
7. Cash Shop: Purchase diamonds gold and various premium items through the cash shop.
8. Battle: Access all modes available in Dragonica (Story, Raids, Daily, PvP)
9. Settings: Account settings, game setting can be adjusted here.
10. Mailbox: Write/receive mails and collect your gifts from the mailbox button
11. VIP: View VIP benefits and upgrade your VIP level by buying diamonds.
12. Diamond: Display the number of diamond acquired.
13. Gold: Display the number of gold acquired.
14. Action Point: Display the number of action point acquired.
15. Character Status: Display Character HP, MP & EXP.
16. Mission: Display the current mission.



Battle Interface


1. Character Control: Control character movement.
2. Consumables: Battle consumables, HP Potion, MP Potion.
3. Action Button: Perform combos & dodge monster attacks 
4. Skill: Use your active skills

5. Battle setting: Pause battle and adjust battle setting
sumber :
http://dragonica.playpark.com/sg/gameguide/13559
http://yuliantiaprilia2604.blogspot.co.id/2016/06/user-interface-pada-game-komputer.html
 http://www.kamu-info.web.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html
 http://wikitekno.net/2016/01/pengertian-ui-user-interface.html
 http://xaditiaekax.blogspot.co.id/2013/01/element-element-desain-interface-pada.html
 http://hendrawansaputra1994.blogspot.co.id/2015/04/user-interface-pada-game.html

0 komentar:

Posting Komentar